Selasa, 27 November 2012

Perlengkapan Standar Mobil Baru



Bagi yang sudah pernah punya mobil, saat membeli mobil baru tentu ada saja yang terasa kurang. Kok tidak pakai kaca film ? radio tapenya nggak ada ya ? Hanya dongkrak saja, toolkit nya tidak ada ? Pertanyaan yang sering membuat ragu apakah sebenarnya perlengkapan standar saat menerima mobil baru ?

Pastikan saat menerima mobil cocokkan nomor rangka / chasis number dan nomor mesin / engine number yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan/STNK dengan fisik yang ada pada mobil

Periksa secara detail body kendaraan, kalau ada luka baret atau bonyok bekas tabrakan beritahukan pada pihak showroom mobil untuk merepairnya, kalau untuk engine biasanya tidak ada masalah dan kalaupun ada masalah biasanya recall mobil dari pabrikan untuk mengganti beberapa komponen di bengkel resmi.

Untuk optional biasanya beda merk beda pula kebijakannya, namun kelengkapan yang standar adalah kaca film, karpet, buku service, manual book, donkrak dan toolkit. Untuk mobil niaga biasanya ditambahkan buku KIR dan surat ijin bongkar muat (SIFA)

Namun beberapa salesman yang berlaku kurang baik, dengan tidak memberikan beberapa item diatas karena ketidak tahuan konsumen, namun ada beberapa tips dan info mobil baru saya berikan disini :
  1. Pastikan kelengkapan tersebut bisa/tidak bisa anda dapatkan sarat Surat Pesanan Kendaraan/SPK dibuat (saat pemberian booking fee/tanda jadi pesanan) dengan menulis optional tersebut didalam SPK tersebut
  2. Tanya apakah ada promo special price, special rate atau bonus khusus selama bulan ini atau saat pembelian dipameran ? jika ada nilainya bisa di kompensasi pada harga mobil baru atau hadiahnya wajib diambil ?
  3. Periksa kembali kelengkapan yang dijanjikan saat delivery mobil, jika belum tersedia tulis di tanda terima kendaraan opsi yang belum diterima, dan tanyakan kepada sang wiraniaga kapan proses pemasangannya.
  4. Kalau ada hal lain yang dirasa kurang, tanyakan langsung bulan depan / saat service pertama ke pada showroom
Semoga bermanfaat

Artikel yang berhubungan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar & atensinya,...

HOT NEWS